Cara Daftar Adsense

Dengan semakin berkembangnya dunia internet, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah melalui Google AdSense. Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan istilah ini. Jangan khawatir karena kami akan membahas semuanya di artikel ini.

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah program advertising CPC (cost-per-click) yang memperbolehkan seorang pemilik website mendapatkan uang dari konten online. AdSense adalah cara yang simpel dan gratis bagi Anda untuk mendapatkan uang dari internet. AdSense memanfaatkan advertising yang ter-target dalam bentuk text, gambar, video, dan iklan interaktif media) di sekitar konten Anda. Biasanya, iklan-iklan yang ada di Google AdSense sudah dipilih, disusun, dan dikelola oleh Google.
Tujuan utama Google AdSense adalah untuk membantu advertisers (pemasang iklan) dan pemilik website atau blog untuk mendapat pemasukan dan keuntungan. Meskipun Google masih tetap mendapat pembayaran terbanyak, Anda tetap akan mendapatkan uang. Ada dua cara untuk menghasilkan uang dari Google AdSense, yaitu:

  • Per-impression. Jenis pembayaran ini bergantung pada jumlah page views yang Anda dapat setiap bulannya.
  • Per-click. Jenis pembayaran ini bergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan tersebut (Anda tidak bisa mengklik iklan Anda sendiri karena itu akan dihitung sebagai pelanggaran)
Kedua cara di atas adalah kedua cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan uang dari Google AdSense.


5 Keuntungan Menggunakan Google AdSense

Nah! Sebelum Anda mencoba sendiri Google AdSense, akan lebih baik jika mengetahui beberapa keuntungannya.

1. Penghasilan Tambahan

Tentu! Keuntungan utama menggunakan Google AdSense adalah bayaran yang ditawarkan. Tambahan iklan AdSense yang terpasang di website Anda akan membuat website lebih menghasilkan.
Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari AdSense tergantung beberapa faktor, antara lain tingkat popularitas website dan juga besarnya nilai iklan yang ditawarkan oleh pengiklan. Semakin kompetitif kata kunci yang ditargetkan, biasanya semakin besar pula nilai di setiap klik iklan.
Google melakukan pembayaran di setiap bulannya. Pencairan dapat dilakukan dengan syarat sudah memenuhi penghasilan sebesar $100 atau setara dengan 1,4 juta (kurs Rp 14.152).

2. Iklan Sesuai dengan Konten Website

Konten merupakan bagian yang cukup penting untuk menarik perhatian pengunjung sehingga perlu penataan yang baik. Ketika Anda menggunakan layanan seperti Google AdSense dan layanan sejenis, tentu saja akan mengurangi ruang di konten. Tentu saja hal ini membuat pengunjung terkadang tidak menyukainya.
Nah! Keuntungan mengikuti program Google AdSense adalah iklan yang muncul sesuai dengan isi konten website Anda. Jadi iklan tidak terlalu mengganggu. Bayangkan saja jika konten iklan konteksnya jauh berbeda dengan website.
Misal, website Anda membicarakan layanan web hosting tetapi iklan yang ditampilkan berhubungan dengan tumbuhan atau hewan. Tentu saja hal ini cukup mengganggu.

3. Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Tampilan dan keunikan website atau blog tentu sangat penting untuk pengunjung, khususnya kemudahan dalam navigasi. Iklan Google AdSense memang ukuran konten yang tampil di dalam website –seperti yang sudah dibahas sebelumnya.
Namun Anda tidak perlu khawatir karena di sisi lain Google AdSense juga menawarkan iklan yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat dengan mudah mengatur ukuran, bentuk, dan latar belakang maupun border iklan.
Nah! Bagi Anda yang mempunyai skill webmaster atau latar belakang blogger tentu saja bisa memanfaatkan Google AdSense sebagai ‘pelengkap’ desain.

4. Tersedia Banyak Referensi

AdSense merupakan program periklanan yang sangat populer. Bisa jadi, kepopulerannya berkat dokumentasi yang cukup lengkap. Tidak hanya itu, banyak sekalian referensi dan berbagai tips dan trik terkait dengan AdSense yang tersebar di internet.
Dokumentasi yang lengkap tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang mencoba menggunakan layanan AdSense. Jika terjadi masalah tinggal melakukan pencarian menggunakan Google Search. Di sana tersedia banyak sekali referensi yang bisa Anda baca terkait dengan AdSense.

5. Menyediakan Statistik Lengkap

Google AdSense menyediakan statistik dan analisis lengkap pengunjung dan penghasilan website. Semua fitur tersebut dapat Anda temukan di dalam akun dashboard. Bahkan Anda bisa melihat jumlah klik, penghasilan setiap klik dan total penghasilan, popularitas website, dan popularitas dari halaman web berdasarkan iklan yang tampil.
Selain fitur statistik, fitur menarik lainnya dari Google AdSense adalah adanya fitur keamanan yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang tidak diinginkan.
Sudah tertarik untuk memasang Google AdSense? Tenang, Anda hanya perlu beberapa langkah saja. Namun perlu bersabar karena ada proses di mana Anda harus menunggu waktu beberapa hari untuk proses verifikasi.


Tips agar website Anda diterima oleh Google AdSense

Sebelum Anda mendaftarkan diri, Anda perlu tahu bahwa tidak semua website akan diterima oleh Google AdSense. Program ini tidak sembarangan menerima website atau blog. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1.     Umur

Google AdSense menerima pengguna yang berusia di atas 18 tahun. Jika Anda lebih muda dari usia ini, Anda bisa menggunakan nama orang tau atau wali Anda . Ini berkaitan dengan pembayaran dari Google ke akun Anda.

2.     Kualitas Konten

Google tidak akan menerima blog yang menggunakan konten duplikasi atau curian. Google mencari konten yang berkualitas yang belum ada di pasaran. Salah satu kriteria konten berkualitas adalah konten yang berguna dan memberikan informasi baru kepada pembacanya.

3.     Buat halaman about, contact, dan privacy policy

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari AdSense, Anda harus serius dengan website dan blog Anda. Jangan lupa untuk menyertakan halaman About me  Seperti Ini Lalu membuat Contact Us Seperti Ini , Dan Privacy Policy Seperti Ini, Dan Terms Of Service Seperti Ini . Maksud membuat itu agar website kalian terlihat prefesional

Baca Juga: Cara membuat Contact Us,About me, Privacy Policy,Terms Of Service 

4.     Informasi lengkap

Jangan lupa untuk menyertakan nama dan email address Anda di website Anda. Anda bisa meletakkan informasi ini di halaman About Us atau Contact. Ini bisa membantu team Google AdSense untuk mengkonfirmasi apakah benar Anda mendaftarkan diri untuk Google AdSense dan website Anda bukanlah website bots atau spam.

5.     Periksa Konten Anda

Selain strategi konten yang sudah disebutkan di atas, Anda masih harus memperhatikan apakah konten Anda mengandung hal – hal yang tidak disukai AdSense. Berikut adalah beberapa jenis dan kategori konten yang tidak disukai AdSense:
  • Pornografi
  • Konten bajakan
  • Tutorial hacking
  • Obat-obatan terlarang
  • Hal-hal illegal
Jika website Anda mengandung hal-hal di atas, sebaiknya Anda tidak mendaftarkan diri ke AdSense. Selain itu, Google AdSense juga mendukung beberapa Bahasa. Anda bisa melihat Bahasa apa saja yang didukung Google AdSense di halaman ini.

Cara Daftar Google AdSense

Cara membuat Google AdSense sangat mudah karena Anda hanya perlu email dan website yang sudah aktif. Setidaknya ada empat tahapan yang perlu Anda lakukan, yaitu membuat akun AdSense, mengaktifkan akun AdSense, membuat iklan AdSense, dan menambahkan iklan AdSense ke dalam website.

Cara Daftar Google AdSense

Pertama – tama, kunjungi website Google AdSense dan masukkan data-data yang diminta.

 Sign-Up-Google-AdSense
 Anda akan melihat layar seperti di atas. Masukkan URL Website Anda, alamat email Anda, dan pilih apakah Anda ingin mendapatkan bantuan dari AdSense. Setelah itu klik Save and Continue.
 Sign-Up-Google-AdSense-2
 Setelah itu, Google akan memastikan bahwa URL dan info Anda sudah benar. Pilih negara asal Anda, dan jangan lupa centang Yes, I have read and accept the agreement. Setelah itu klik Create Account.
 Informasi-Detail-Anda-Google-AdSense-Dewaweb
 Masukkan detail alamat pembayaran Anda. Isi data dengan lengkap.
 Kode-AdSense-untuk-Blog

 Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode ke HTML website Anda sebelum AdSense Anda bisa berjalan.

Membuat Iklan AdSense

Google AdSense sudah menyetujui akun Anda dan sekarang sudah aktif? Saatnya membuat iklan dan memasukkannya ke dalam website. Tentu ini akan menjadi hal yang menarik karena Anda akan mengatur iklan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Setidaknya ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatur iklan AdSense –membuat unit iklan, memilih tipe iklan, dan memilih gaya teks iklan

Membuat Unit Iklan (Ads)

Masuk ke dalam dashboard akun AdSense Anda kemudian klik tab “My Ads”. Anda akan menemukan beberapa menu yang berhubungan dengan pengaturan konten iklan.
klik opsi “Add units”  yang berada di bagian menu “Content”. Tab ini akan memunculkan daftar iklan yang sudah pernah Anda buat. Anda bisa menggunakan iklan yang sudah ada atau membuat iklan baru.
Untuk membuat iklan baru, klik tombol “+ New ad unit” seperti contoh di bawah ini.
 cara daftar google adsense ad new unit

Memilih Tipe Iklan

Anda akan melihat tampilan beberapa tipe iklan. Google AdSense menawarkan beberapa tipe iklan, seperti Responsive, Leaderboard, Large Rectangle, Large Mobile Banner, atau Large Skyscraper.
Selain itu Anda juga dapat memilih tipe iklan. Setidaknya ada empat tipe iklan yang ditawarkan Google AdSense — iklan teks dan gambar (text and display ads), iklan berimbang (matched content), iklan in-feed dan iklan di dalam artikel (in-article ads).
Anda dapat memilih satu di antara ukuran dan tipe iklan sesuai dengan yang Anda inginkan. Misalnya saja Anda memilih iklan ‘responsive’ dengan tipe ‘text and display ads’. Klik “Responsive” dan pilih “Text & display ads ” seperti contoh di bawah ini.
 cara daftar google adsense my ads

Memilih Gaya Teks Ads

Tidak hanya sampai di pemilihan ukuran dan tipe iklan. Anda dapat menyesuaikan tampilan iklan lebih lanjut.
Tersedia beberapa pilihan gaya iklan yang dapat Anda pilih. Anda juga dapat memilih warna border, judul, teks, URL, dan background. Fitur inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari Google AdSense.
 cara daftar google adsense ad type

Setelah semua selesai, jangan lupa klik “Save and Get Code”.
Anda akan mendapatkan beberapa baris kode. Baris kode tersebut merupakan iklan yang nantinya tampil di halaman website. Salin kode tersebut dan tambahkan di dalam website sesuai dengan tempat yang Anda kehendaki.
Tidak perlu khawatir mengenai ukuran iklan karena akan menyesuaikan dengan ukuran yang tersedia di dalam halaman website.
Klik “Close” untuk menyelesaikan proses pembuatan unit.
Anda tidak harus menambahkan baris kode saat itu juga. Akses unit yang sudah Anda buat sewaktu-waktu dapat diakses melalui menu “My Ads » Content » Ad Units”.
 cara daftar google adsense ad unit




Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat Google AdSense. Cukup sederhana, tapi Anda perlu bersabar karena harus menunggu proses verifikasi beberapa hari. Anda pun terkadang perlu beberapa kali pengajuan sebelum mendapatkan akun AdSense yang aktif.
Semoga Anda bisa memulai untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui artikel cara membuat Google AdSense untuk blog ini. Jika ada pertanyaan silakan tambahkan di kolom komentar. Anda juga bisa mendapatkan artikel seputaran bisnis, digital marketing, dan teknologi dengan subscribe di channel kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Daftar Adsense "

Post a Comment